Skip to content
June 12, 2009 / triasmara

game of life sebagai implementasi dari mesin turing

Cellular automaton (jamaknya cellular automata) adalah model diskrit yang dipelajari di
ilmu komputer dan matematika. Cellular automaton terdiri dari grid sel-sel yang
jumlahnya tak hingga. Tiap selnya berada dalam salah satu dari sejumlah keadaan yang
mungkin. Gridnya dapat berada dalam dimensi 1, dimensi 2, maupun dimensi lainnya.
Waktu juga diskrit, dan keadaan sebuah sel pada suatu waktu t adalah fungsi dari keadaan
dirinya dan keadaan sejumlah sel lain yang disebut tetangga pada waktu t-1. Tiap sel
memiliki aturan yang sama untuk berubah. Setiap kali aturannya diterapkan ke semua sel
maka sebuah generasi baru lahir.
Contoh yang sederhana dari sebuah CA adalah cellular automaton berdimensi 1 dengan
dua keadaan yang mungkin untuk tiap selnya. Tetangga dari sebuah sel didefinisikan
Game of Life mempunyai sejumlah pola terkenal yang muncul dari posisi awal tertentu.
Segera setelah publikasi, pola R-pentomino dan glider ditemukan yang menarik lebih
banyak minat terhadap CA ini. Popularitasnya dibantu dengan fakta bahwa munculnya
Game of Life tepat saat generasi minikomputer yang murah muncul ke pasaran, itu
artinya Life dapat bejalan berjam–jam di komputer tersebut. Bagi banyak penggemar,
Game of Life adalah semata–mata tantangan pemrograman, cara menyenangkan untuk
menghabiskan siklus CPU. Di lain pihak, bagi sebagian yang lain Game of Life lebih
merupakan konotasi filosofis. Life memunculkan pengikut fanatik dari tahun 70-an
sampai pertengahan tahun 80-an.
Aturan Game of Life
Life merupakan CA berdimensi 2 yang terdiri dari sekumpulan sel berupa kotak yang
menjangkau ke segala arah tanpa batas. Setiap sel mempunyai delapan “tetangga” yaitu
sel yang bersebelahan dengannya, termasuk yang diagonal. Setiap sel dapat berada dalam
satu dari dua kondisi yaitu “hidup” atau “mati” (istilah “on” dan “off” juga sering
digunakan).
Perubahan yang terjadi bergantung kepada jumlah tetangga yang hidup:
 Sebuah sel mati yang mempunyai tepat 3 tetangga hidup akan menjadi hidup
(lahir).
 Sebuah sel hidup yang mempunyati 2 atau 3 tetangga hidup akan tetap hidup.
 Selain itu, sel akan mati (karena kesepian atau karena terlalu ramai).
Contoh-Contoh Pola di Game of Life
Pola-pola dalam Game of Life dapat dikelompokkan menjadi pola statis (“still lifes”),
pola berulang (“oscillators” – superset dari still lifes), dan pola yang bergerak melintasi
papan (“spaceships”). Contoh yang paling sederhana dari tiga jenis pola tersebut
ditunjukkan di bawah, dengan sel hidup berwarna hitam, dan sel mati berwarna putih.
selanjutnya silahkan download di http://agro.web.ugm.ac.id/lifesimulator.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: