Skip to content
August 4, 2009 / triasmara

Konferensi Hacker Dipasangi ATM Palsu

Jakarta – Kriminal di Amerika Serikat kerap nekat memasang mesin ATM palsu untuk mencuri data nasabah bank. Hanya saja, kali ini para kriminal membuat kesalahan besar dengan memasang ATM palsu di tengah konferensi hacker.

Blunder penjahat itu terjadi di konferensi hacker Defcon yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Seperti dikutip detikINET dari PCWorld, mesin ATM palsu dipasang di hotel Riviera Las Vegas.

Konferensi yang mengumpulkan 8.000-an hacker, dalam hal ini berarti para peneliti keamanan komputer, dari berbagai penjuru dunia itu jelas jadi ajang yang paling buruk untuk mencoba menipu. Peserta yang gemar mengutak-atik sistem komputer cepat menemukan keganjilan pada salah satu ATM di Riviera.

“Mereka melihat bagian layar yang seharusnya ada kamera. Terlihat agak gelap, jadi seseorang menyorotnya dengan senter dan ternyata ada PC di dalamnya,” tukas Priest, salah satu panitia senior konferensi tersebut.

Mesin ATM palsu itu sekilas, apalagi bagi orang awam, nampak biasa saja. Namun saat kartu dimasukkan, mesin itu akan merekam data dari kartu dan merekam nomor PIN yang ditekan pengguna.

Terungkapnya mesin ATM palsu ini pun akhirnya memicu investigasi dari pihak keamanan setempat. Tidak diketahui sudah berapa lama mesin itu berada di sana, dan berapa banyak nasabah yang sudah menjadi korban.

Agaknya, pelaku kriminal juga perlu hati-hati dalam mencoba menipu korbannya. Jika aksi kriminal berbasis teknologi dilakukan di tengah-tengah konferensi hacker, jangan harap ada untung yang bisa diraup.(deti.net)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: